Tuesday, August 2, 2011

contoh SKENARIO MENGAJAR SENI BUDAYA sma XI

SKENARIO MENGAJAR SENI BUDAYA

Nama Guru :

Kelas : XI (IPS/Bahasa)

Keterampilan : Membuka pelajaran, menutup pelajaran, dan bertanya dasar.

Komponen : Membuat kaitan, structuring, pertanyaan jelas dan singkat, memberi acuan, pemusatan, pindah gilir, penyebaran, pemberian waktu berfikir, pemberian tuntunan, meninjau kembali dan mengevaluasi.

Waktu : 2 x 50 menit

1. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah nusantara

2. Indikator :

  1. Menjelaskan pengertian seni kriya
  2. Menunjukkan contoh seni kriya
  3. Mengklasifikasikan seni kriya

3. Skenario Pembelajaran:

No

Waktu

Skenario Pembelajaran

Komponen yang dilatihkan

1.

Kegiatan awal

2 menit

Menyiapkan fisik kelas dan memberi salam

1 menit

Menetapkan materi mengidentifikasi seni kriya di wilayah Nusantara

Membuat acuan

3 menit

Tanya jawab tentang karya seni kriya

Membuat kaitan

2.

Kegiatan inti

3 menit

Tanya jawab tentang pengertian seni kriya

Pemberian waktu berfikir, pindah gilir, penyebaran

2 menit

Menjelaskan pengertian seni kriya

Penjelasan singkat

15 menit

Tanya jawab tentang bentuk, bahan, dan teknik penciptaan seni kriya serta pengklasifikasian seni kriya

Pemberian waktu berfikir, pindah gilir, penyebaran

2 menit

Memberikan 4 contoh karya seni kriya

Pemberian tuntunan

3 menit

Membagi siswa menjadi 8 kelompok

2 menit

Memberi tugas pada setiap kelompok untuk berdiskusi mengklasifikasi contoh karya seni kriya berdasarkan bentuk, bahan dan tehnik penciptaannya

15 menit

Siswa berdiskusi bersama kelompoknya masing-masing

10x4 menit

Satu kelompok dari obyek yang sama mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain memberi tanggapan, guru mengawasi dan membimbing

3

Kegiatan Penutup

7 menit

Guru mengevaluasi diskusi

3 menit

Guru menginformasikan materi untuk minggu depan, yaitu mengapresiasi karya seni kriya di wilayah Nusantara

Meninjau kembali dan mengevaluasi

4. Sumber dan Media Pembelajaran

a. Buku Pendidikan Seni Budaya yang relevan

b. Beberapa karya seni kriya

5. Penilaian

a. Teknik Penilaian : Tes tertulis, Tes lisan

b. Bentuk Instrumen : Uraian

c. Soal/ Instrumen :

Identifikasi Benda Kriya yang disuguhkan pada kelompok kalian berdasarkan fungsi, bentuk, bahan, dan teknik penciptaannya. Serta tuliskan kekurangan dan kelebihan yang kalian temukan pada benda kriya itu!

Pengawas/Kepala Sekolah Malang, ……………………

Guru/Calon Guru

…………………………. ……………………………..

No comments:

Post a Comment