SKENARIO MENGAJAR SENI BUDAYA
Nama Guru :
Kelas : XI (IPS/Bahasa)
Keterampilan : Membuka pelajaran, menutup pelajaran, dan bertanya dasar.
Komponen : Membuat kaitan, structuring, pertanyaan jelas dan singkat, memberi acuan, pemusatan, pindah gilir, penyebaran, pemberian waktu berfikir, pemberian tuntunan, meninjau kembali dan mengevaluasi.
Waktu : 2 x 50 menit
1. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah nusantara
2. Indikator :
- Menjelaskan pengertian seni kriya
- Menunjukkan contoh seni kriya
- Mengklasifikasikan seni kriya
3. Skenario Pembelajaran:
No | Waktu | Skenario Pembelajaran | Komponen yang dilatihkan |
1. |
| Kegiatan awal |
|
| 2 menit | Menyiapkan fisik kelas dan memberi salam |
|
| 1 menit | Menetapkan materi mengidentifikasi seni kriya di wilayah Nusantara | Membuat acuan |
| 3 menit | Tanya jawab tentang karya seni kriya | Membuat kaitan |
2. |
| Kegiatan inti |
|
3 menit | Tanya jawab tentang pengertian seni kriya | Pemberian waktu berfikir, pindah gilir, penyebaran | |
2 menit | Menjelaskan pengertian seni kriya | Penjelasan singkat | |
15 menit
| Tanya jawab tentang bentuk, bahan, dan teknik penciptaan seni kriya serta pengklasifikasian seni kriya | Pemberian waktu berfikir, pindah gilir, penyebaran | |
2 menit | Memberikan 4 contoh karya seni kriya | Pemberian tuntunan | |
3 menit | Membagi siswa menjadi 8 kelompok | ||
2 menit | Memberi tugas pada setiap kelompok untuk berdiskusi mengklasifikasi contoh karya seni kriya berdasarkan bentuk, bahan dan tehnik penciptaannya | ||
15 menit | Siswa berdiskusi bersama kelompoknya masing-masing | ||
10x4 menit | Satu kelompok dari obyek yang sama mempresentasikan hasil diskusi, kelompok lain memberi tanggapan, guru mengawasi dan membimbing | ||
3 |
| Kegiatan Penutup |
|
7 menit | Guru mengevaluasi diskusi |
| |
3 menit | Guru menginformasikan materi untuk minggu depan, yaitu mengapresiasi karya seni kriya di wilayah Nusantara | Meninjau kembali dan mengevaluasi |
4. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Buku Pendidikan Seni Budaya yang relevan
b. Beberapa karya seni kriya
5. Penilaian
a. Teknik Penilaian : Tes tertulis, Tes lisan
b. Bentuk Instrumen : Uraian
c. Soal/ Instrumen :
Identifikasi Benda Kriya yang disuguhkan pada kelompok kalian berdasarkan fungsi, bentuk, bahan, dan teknik penciptaannya. Serta tuliskan kekurangan dan kelebihan yang kalian temukan pada benda kriya itu!
Pengawas/Kepala Sekolah Malang, ……………………
Guru/Calon Guru
…………………………. ……………………………..
No comments:
Post a Comment