Sunday, February 6, 2011

Kreasi dari Resin catalyst

Sudah mencoba kreasi dengan resin??
Jangan langsung buat produk yang besar, buat yang kecil-kecil dulu, seperti tempelan magnet untuk lemari es, jepitan memo, gantungan kunci, dan yang kecil-kecil lainnya.
Cara membuatnya juga tidak sesulit kita kira, paling hanya sedikit telaten saja, semua materialnya juga bisa beli di satu tempat (Toko kimia)

Resin dijual dengan bentuk cair. Dan terdapat dua jenis resin, resin butek (keruh) dan resin bening. Sebelum diolah, resin harus dicampur dengan KATALIS sehingga dapat mengeras dengan perbandingan katalis dan resin 1:10. Untuk dapat mengeras memerlukan waktu kurang lebih 30-45 menit (tergantung suhu ruang, makin dingin makin lama). Katalis dapat di perbanyak menjadi 2:10 atau 3:10 sehingga pengerasannya akan lebih cepat, akan tetapi biasanya hasil cetakannya menyusut atau bahkan bisa pecah. Untuk campuran katalis ideal tepatnya kurang tahu juga, bisa ditanya kepenjualnya ^^
Membuat kreasi resin dengan macam-macam bentuk, atau untuk membuat figure, dibutuhkan cetakan. Untuk membuat yang besar bisa menggunakan Slikon Rubber atau jika mau lebih murah meriah untuk benda-benda kecil bisa menggunakan lem kaca (lem aquarium)
Cara membuatnya:
- Sediakan model yang akan diperbanyak, dapat dibuat dahulu dari media clay atau benda-benda yang sudah jadi
- Tampung Slikon Rubber atau lem kaca ke wadah licin (dioles minyak dulu kalau mau) dan masukan produk yang mau di perbanyak dengan posisi dasar ada dibawah sehingga tertutup oleh cairan slikon.
- Biarkan Slikon mengeras,lalu lepas produk contoh dan wadah penampung
- Cetakan siap digunakan
(Note: hanya berlaku buat produk kecil yang 3D BUKAN 4D)
Dapat juga menggunakan cetakan es batu

No comments:

Post a Comment